Love Your Job

Love Your Job

Kita semua pastinya ingin bisa kerja yang sesuai dengan keinginan kita. Apalagi kalau hobi dan kerjaan bisa jalan bareng. Misalnya sobat yang punya hobi jalan-jalan bisa kerja di industri wisata. Biar cape tapi dijamin hepi, gimana enggak udah jalan-jalan dibayarin masih digaji pula. Tapi kamu pasti tau kalau sekarang ini untuk cari kerja engga gampang. Pokoknya kalau bisa dapet kerjaan, apalagi kerja kantoran udah untung banget. Biasanya kamu jadi enggak enjoy atau enggak nyaman dengan pekerjaan kamu. Tapi mau gimana lagi ? Yang penting ada kerjaan, ada penghasilan. Dari pada nganggur enggak juntrungan.

Sebetulnya ada dua hal yang bisa bikin kamu engga nyaman dengan pekerjaan kamu. Yang pertama, emang bidang pekerjaannya yang enggak sesuai dengan keinginan kamau. Yang kedua, bidang pekerjaannya cocok buat kamu tapi situasinya tidak nyaman untuk kamu. Entah suasana kantor, temen-temen sekantor, atau bisa saja kamu punya atasan yang cerewet dan banyak maunya.

Kalau sudah begitu biasanya orang yang bekerja dalam kondisi seperti ini sulit punya prestasi dan karirnya jarang bisa menanjak. Pokoknya udah mentok disitu aja, kata temen-temen kita. Yang pastinya sih kalau prestasi kerja kamu tidak memuaskan, masih banyak yang lain yang dengan amat senang hati menggantikan kamu. Kamu bisa kena kartu merah dan terpaksa harus keluar lapangan. Nganggur lagi deh.

Terus bagaimana dong ? Kalau karir udah mentok ya pastinya gaji juga mentok. Memang sih tiap tahun  ada kenaikan gaji, tapi itu juga karena mengikuti inflasi. Gaji naik tapi harga harga kebutuhan pokok juga naik, kesimpulannya ya sama juga bohong.

Ada dua solusi buat kamu dalam kondisi seperti ini. Pertama, pindah ke perusahaan lain yang kerjaannya dan situasinya cocok banget buat kamu. Ini jelas enggak gampang, kalaupun bisa kamu dapatkan belum tentu gaji dan jenjang karirnya sebagus di tempat kerja kamu sekarang.

Yang kedua, karena kamu sudah engga bisa kemana-mana dan juga engga mungkin merubah situasi tempat kerja kamu sesuai keinginan kamu, apa boleh buat terpaksa harus kamu yang berubah. Bagaimana caranya ? Simak aja langkah-langkah dibawah ini.

  1. Belajar Mencintai : Mungkin kita bisa memakai petuah nenek moyang kita yang mengatakan “Witing Tresno Amargo Soko Kulino”. Cinta bisa bersemi dari “kulino”. Bisa tumbuh kalau dipupuk “tresno”. Coba kamu perhatikan hal-hal apa saja yang ada dilingkungan kerja yang kamu suka. Dari situ kamu bisa coba menyukai segi-segi lain dari pekerjaan kamu.
  1. Bongkar Kebiasaan Lama Kamu : Ito lho yang seperti kata penyanyi legendaris di sebuah iklan kopi. Karena kamu selama ini bekerja hanya karena butuh penghasilan, bisa saja meja kerja atau loker kamu tertata apa adanya saja. Coba kamu tata meja kerja kamu supaya lebih keren dan menarik supaya membangkitkan kecerian kamu ditempat kerja.
  1. Cari Kawan Yang Asyik : Tentu saja bukan sekedar asyik buat bergosip dan nongkrong yang malah mengganggu kerjaan kamu. Tapi kawan yang asyik buat bikin kamu semangat untuk kerja. Yang asyik buat belajar mengenai perusahaan tepat kamu bekerja, sehingga kamu bisa meningkatkan karir.
  1. Nongkrong Asyik : Kamu bisa saja mengajak teman, saudara, atau tetangga yang punya masalah yang sama untung nongkrong bareng sebulan sekali. Tentu saja kamu harus mengumpulkan orang-orang yang mau maju dan berubah. Bukan orang-orang frustasi yang akhirnya justru juga bikin kamu ikutan frustasi. Disitu kamu bisa saling berbagi pengalaman dan saling memotivasi.

Inti dari semua itu bahwa hanya dengan satu klik masa depan kamu bisa jadi cemerlang, yaitu kemauan untuk mengubah diri kamu untuk masa depan kamu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s